Home » Accounting » Perlukah Memantau Laporan Keuangan Secara Realtime?

Perlukah Memantau Laporan Keuangan Secara Realtime?

Perlukah Memantau Laporan Keuangan Secara Realtime?

Peranan Laporan Keuangan 

Laporan keuangan sangat penting bagi pengusaha untuk mengetahui kondisi keuangan usahanya. Laporan keuangan tidak hanya sebagai alat penguji, tetapi juga jadi dasar untuk menentukan dan menilai posisi keuangan usaha. Laporan keuangan juga berfungsi untuk analisis oleh pihak-pihak terkait seperti pemilik usaha, dan kreditur untuk pengambilan keputusan perencanaan yang menguntungkan dan memajukan usaha.

Pada dasarnya laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data kauangan atau aktivitas suatu perusahaan dengan pihak- pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan tersebut. Disamping itu laporan keuangan dapat digunakan oleh managemen untuk:

  1. Memberikan informasi keuangan mengenai aktiva, kewajiban, dan modal suatu perusahaan yang dapat dipercaya.

  2. Memberikan informasi yang bisa dipercaya tentang perubahan aktiva bersih atau neto (aktiva yang telah dikurangi kewajiban) suatu perusahaan.

  3. Memberikan informasi keuangan yang digunakan oleh pemakai laporan untuk menaksirkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba

Karna pentingnya peranan laporan keuangan diatas berikut beberapa alasan penting mengapa setiap pengusaha wajib membuat pencatatan keuangan usahanya:

  1. Untuk mengetahui kondisi usaha dalam kondisi untung/rugi.

    Dengan membuat pencatatan yang teratur, maka kita dapat membandingkan kondisi keuangan dari tahun sebelumnya dengan saat ini. Dengan demikian dapat diketahui apakah laba usaha mengalami kenaikan atau malah merugi.

  2. Digunakan sebagai alat kontrol keuangan usaha.

    Melalui pembukuan kita dapat mengetahui biaya-biaya yang tidak diperlukan dan biaya mana yang merupakan pemborosan sehingga dapat dipangkas atau dihemat.

  3. Digunakan sebagai alat pengambil keputusan.

    Dengan melihat perkembangan keuangan dari waktu ke waktu, kita dapat meninjau apakah perlu untuk berinvestasi alat produksi, fokus pada marketing, atau membuat keputusan strategik lainnya berdasarkan kondisi keuangan saat ini.

  4. Memenuhi kewajiban sebagai warga negara yang baik, yaitu dengan melaporkan hasil pajak usaha. Perhitungan pajak didasarkan pada laporang keuangan usaha yang didapatkan dari neraca dan laporan laba rugi.

  5. Laporan keuangaan dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan kelayakan usaha untuk mendapatkan bantuan atau tambahan modal dari pihak lain seperti perbankan atau investor. Hal ini dikarenakan laporan keuangan menunjukkan sehat/tidaknya kondisi perusahaan.

Bagi mereka yang mempunyai kepentingan terhadap perkembangan suatu perusahaan sangatlah perlu untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan tersebut. Dimana kondisi keuangan suatu perusahaan tercermin dalam laporan keuangannya. Untuk itu sangat di perlukan agar selalu memantau laporan keuangan secara real time agar :

  1. Lebih mudah dan akurat memantau kondisi keuangan dan operasional bisnis anda.

    Pelaku bisnis skala kecil dan menengah jarang memisahkan antara keuangan rumah tangga dan keuangan bisnisnya. Kalau dapat uang dari bisnis kita, kita tidak tau pasti berapa yang masuk ke dapur rumah dan berapa yang masuk ke dapur bisnis. Sebaliknya, kita tidak tahu pasti berapa dari uang yang kita miliki yang kita keluarkan untuk kebutuhan dapur rumah dan berapa untuk dapur bisnis kita. Akibatnya, kita tidak bisa memantau dengan lebih akurat lagi tentang kondisi keuangan dan kinerja operasi bisnis kita

  2. Bisa membuat perkiraan atau proyeksi keuangan Anda baik jangka pendek maupun jangka panjang.

    Proyeksi keuangan biasanya dibuat per satu tahun untuk beberapa tahun ke depan (biasanya 5 tahun). Proyeksi keuangan dibuat berdasarkan data-data keuangan dari neraca, rugi laba, dan arus kas. Nah, dari data-data keuangan yang ada pada neraca, rugi laba, dan arus kas itulah kemudian Anda bisa membuat proyeksi keuangan Bisnis Anda. Misalnya, dari data penjualan yang ada pada rugi laba, maka Anda dengan optimis menargetkan kenaikan penjualan tiap tahunnya sebesar 30%, dan menekan biaya-biaya tertentu yang Anda anggap seharusnya gak keluar sebesar itu. Walhasil Anda berharap bisnis Anda untungnya bisa naik sekian persen setiap tahunnya.

  3. Kebutuhan kebutuhan pajak dan kredit

    Dengan membuat dan memantau pembukuan, suatu waktu Anda didatangi orang pajak, karena dianggap memenuhi syarat untuk membayar pajak, So pasti anda sudah siap. Kebayangkan kalo sebaliknya?

Nah…dari uraian di atas jelas bahwa laporan keuangan sangat penting peranannya,mereka yang mempunyai kepentingan terhadap perkembangan suatu perusahaan sangatlah perlu untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan tersebut secara real time

Sumber : https://zahiraccounting.com/id/blog/

Post Tag With : ,