Home » Marketing » 10 Manfaat Riset Pemasaran Bagi Perusahaan

10 Manfaat Riset Pemasaran Bagi Perusahaan

10 Manfaat Riset Pemasaran Bagi Perusahaan

 Perkembangan zaman semakin modern dan  jumlah penduduk saat ini pun sudah sangat banyak. Adanya berbagai penemuan teknologi baru yang membuat banyak perusahaan akhirnya banyak yang meliburkan para pekerjanya. Oleh karena itu saat ini sebaiknya anda jangan berharap menjadi pegawai namun anda harus berusaha membuka usaha anda sendiri. Selain anda tidak bergantung pada orang lain anda juga akan dapat membuka lapangan kerja yang pada akhirnya para pengangguran dapat terserap.

Riset pemasaran perlu dilakukan untuk mengetahui keadaan pasar, pesaingnya siapa saja, bagaimana kondisi target pasar anda. Anda harus memahami mengenai pasar yang akan anda masuki dalam bisnis anda supaya anda dapat bersaing dan tidak kaget saat mulai berbisnis. Riset pemasaran memang perlu dilakukan pada awal saat hendak melakukan bisnis namun hal yang perlu diingat adalah jika anda tetap bertahan pada bisnis, anda juga harus tetap melakukan riset pemasaran secara berkelanjutan supaya bisnis anda tetap bisa bertahan.

Manfaat riset pemasaran

Informasi  yang diperoleh dari riset pemasaran ini sangatlah penting dan bisa menjadikan strategi bagi anda pada bisnis yang akan anda masuki. Berikut ini adalah manfaat dari riset pemasaran yang bisa anda dapatkan.

  1. Memberikan informasi kepada para calon pelanggan

Dengan melakukan riset pemasaran ini anda akan mendapatkan informasi mengenai calon pelanggan pada usaha anda nantinya. Setelah anda mengetahui siapa saja yang akan berpotensi menjadi pelanggana anda kemudian anda akan menjadi tahu bagaimana caranya berkomunikasi yang baik denga mereka. Interaksi dengan pelanggan ini sangatlah penting karena anda jadi tahu sebenarnya apa yang para pelanggan butuhkan dan belum didapatkan dari produk lainnya.

  1. Mengidentifikasi peluang pasar

Peluang pasar ini sangatlah penting karena dengan ini anda tahu seberapa besar kemungkinan anda sukses dalam pasar tersebut. Anda tidak hanya menawarkan produk saja namun anda juga akan memberikan solusi kepada para pelanggan.

  1. Meminimilkan resiko

Dengan melakukan riset pasar ini anda akan menemukan semua informasi yang ada di pasar. Karena anda sudah mengetahui sebagian besar informasi yang ada di pasar sehingga anda akan dapat meminimilkan resiko pada bisnis anda. Misalnya saja setelah anda melakukan riset pemasaran di daerah yang akan menjadi tempat bisnis anda menemukan memang belum ada produk seperti yang akan anda jual namun ternyata itu beralasan karena pasar memang tidak membutuhkannya sehingga semua usaha seperti yang akan anda bangun biasanya akan kolaps di tempat itu. Nah, setelah anda mengetahui hal ini maka pilihan anda adalah dua yaitu pindah tempat atau gantu produk supaya anda tidak menerima resiko yang berat nantinya.

  1. Mengukur reputasi

Setelah anda melakukan riset pemasaran anda juga akan dapat mengukur seberapa besar reputasi dan pengaruh anda di pasar tersebut. Apakah anda termasuk dalam pesaing yang ditakuti oleh pesaing atau malah seperti tidak dianggap. Dengan ini anda dapat membangung persepsi kepada para pesaing dan para pelanggan.

  1. Mengidentifikasi potensi masalah

Kemudian manfaat lainnya dari riset pemasaran ini adalah mampu mengindentifikasi potensi masalah yang ada di pasar jika anda membangun bisnis di dalamnya. anda juga bisa berekspektasi pada respon dari para pelanggan pada produk anda sebelum anda meluncurkan produk baru anda. Jadi anda akan dapat merencanakan solusi pada masalah yang mungkin akan dihadapi.

  1. Merencanakan ke depan lebih baik

Riset pemasaran juga akan membantu anda dalam merencanakan bisnis anda ke depan supaya lebih baik. seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa riset pemasaran ini tidak hanya dilakukan pada awal bisnis dibangun namun juga harus dilakukan secara terus menerus supaya mengetahui kondisi terkini yang ada di pasar supaya bisnis bisa tetap bertahan.

  1. Membangun tren

Jika anda melakukan riset pemasaran ini secara rutin dan terus menerus maka anda akan mendapatkan data yang akurat. Dengan data ini anda akan tahu kira-kira apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Keuntungan dari anda yang memiliki data pasar ini adalah anda dapat mempengaruhi dan membangun tren di pasar tersebut sehingga ada akan mendapatkan profit maksimal dan kelanjutan bisnis anda.

  1. Membangun posisi di pasar

Melakukan riset pemasaran juga sangat  penting untuk mengetahui seberapa jauh posisi anda di pasar. Informasi yang didapatkan dari riset pemasaran ini dapat membantu anda menentukan posisi yang anda mau dan ini tentunya harus dibarengi dengan sumber daya yang cukup. setelah anda mengetahui posisi anda di pasar kemudian anda dapat menentukan tindakan apa yang benar dan harus dilakukan.

  1. Melakukan hal persuasive

Setiap produk pasti membutuhkan logo, tagline dan hal-hal lain yang bersifat persuasive atau mengajak para pelanggan untuk membeli produk anda. Jadi dengan melakukan riset pemasaran ini anda akan dapat menemukan banyak hal yang persuasive namun tetap memenuhi kebutuhan para pelanggan. Nama merek yang anda gunakan juga bisa berpengaruh pada pelaggan yang akan membeli.

  1. Menemukan kompromi

Anda juga bisa melakukan berbagai kompromi dengan melakukan riset pemasaran ini. kompromi sangat penting supaya anda bisa membangun persepsi dan posisi anda di pasar nantinya. Anda juga bisa melakukan kompromi dengan para pesaing dan para calon pelanggan.

Itulah 10 manfaat dari riset pemasaran yang bisa membantu anda dalam memulai dan mengembangkan bisnis anda supaya tetap bisa bertahan.

Fungsi Riset Pemasaran

Setidaknya terdapat tiga fungsi utama dari riset pemasaran ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Evaluating

Riset memiliki fungsi sebagai bahan evaluating karena sudah bisa mendapatkan review dari pasar yang ada. Riset ini salah satunya termasuk riset kepuasan yang lebih dominan pada sektor jasa misalnya saja hotel, pariwisata da lainnya. dengan melakukan riset pemasaran ini anda dapat mengetahui bagaimana tanggapan dari para pelanggan selama ini sehingga anda bisa mengambil kebijakan yang lebih baik dan rasional lagi nantinya dan supaya para pelanggan menjadi lebih puas.

  1. Understanding

Memahami konsumen dan keadaan pasar adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh semua para pelaku bisnis. Seberapa sukses sebuah perusahaan akan ditentukan dengan seberapa besar kepuasan konsumen yang selama ini telah menggunakan produk atau jasanya. Biasanya yang masuk dalam riset ini adalah mengenai seberapa besar harapan konsumen dan keinginan konsumen para produk dari yang ditawarkan oleh perusahaan.

  1. Predicting

Dari ketiga fungsi yang sudah ada ini mungkin ini adalah fungsi yang paling susah dilakukan yaitu predicting atau meramal. Dalam melakukan predicting sangat mungkin melakukan kesalahan dan sangat banyak sekali unsure ketidak pastiannya yang akan membuat perusahaan menjadi bimbang. Namun dengan adanya data yang mumpuni anda dapat melakukan predicting secara lebih efektif dan rasional hasilnya. Dengan adanya riset pemasaran akan membantu anda dalam mengembangkan produk baru yang diinginkan.

sumber :manfaat.co.id

Comments are closed.